Oleh: Azan bin Noordien | November 5, 2008

Cara Mudah Meraih Sholat Khusyu’

sholat

Alangkah nikmatnya menjalankan sholat dengan penuh kesejukan dan kekusyu’an. Shalat akan menjadi suatu dambaan dan selalu dinanti. Tapi sayang, terkadang sebagian dari kita tidak bisa meraih shalat khusyu’. Waktu sholat datang silih berganti, namun kualitas sholat kita justru semakin anjlok. Pada akhirnya shalat terasa berat dikerjakan. Na’udzubillah

Jika khusyu’ telah dicapai,maka shalat akan terasa ringan dikerjakan. Allah berfirman:

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’ (QS.2:45-46)

Dalam berbagai kitab-kitab klasik maupun kontemperer, banyak sekali ulama-ulama kita YANG TELAH membahas bagaimana meraih khusyu’ dalam shalat. Berikut ini saya akan mencoba membagi dari apa yang saya ketahui.


tobatlah

TAUBAT NASUHA

Taubat adalah pintu menuju terbukanya gerbang rahmat Allah swt. Mohon ampunlah kepada Allah atas seluruh dosa, serta berjanjilah tidak akan mengulanginya lagi. Buka lembaran baru kehidupanmu dengan tekat dan komitmen yang kuat agar menjadi hamba Allah yang sejati. Tobat tanpa diiringi komitmen yang kuat sering kali mengalami kegagalan di tengah jalan.

allah

TANAMKAN HAKIKAT LAA ILAHA ILLALLAH DI DALAM HATI

Buanglah seluruh ‘kebesaran’ makhluk di hatimu. Sucikan hati dari segala kepercayaan kepada makhluk. Penuhilah dadamu dengan satu kekuatan, satu tuhan, satu cinta, yaitu hanya Allah ‘azza wa jalla.

Singkirkanlah rasa cinta dunia dan perkara-perkara yang menghijabmu denganNya. Bagaimana shalat akan khusyu’ sementara kau yakin bahwa pekerjaanlah sumber segala rizki? Cukuplah Allah pemelihara seluruh kehidupan.

wudhu-3

SEMPURNAKAN BERISTINJA’ DAN WUDHLU’

Shalat tidak akan sah bila wudhlu tidak sah. Wudhlu tidak sah bila salah dalam beristinja. Berhati-hatilah wahai saudaraku, banyak sekali orang yang tidak sah shalatnya karena ia kencing berdiri hingga ia terkena najis.

Sempurnakanlah setiap anggota tubuh yang wajib/sunnah wudhlu. Sebelum berwudhlu, bersiwaklah. ‘‘Bersiwak itu dapat membersihkan mulut dan mendapat keredhaan Allah.”[1]

mushaf

PAHAMI SETIAP BACAAN  DAN DOA KETIKA SHALAT

Kita akan mengerti apa yang kita ucapkan, apabila hal itu memang keluar dari lubuk hati yang terdalam. Boleh jadi lisan berkata, namun tiada makna, karena tidak paham dengan apa yg diucapkan. Maka, pelajari dan resapilah setiap makna bacaan shalatmu. Bagaimana Allah menurunkan rahmatNya, sementara engkau hanya berkomat-kamit tak menentu dan hatimu lalai mengingatNya?

BirdIntoSun

YAKINI BAHWA ALLAH MENYAKSIKAN SHALATMU

Fokuskan dirimu hanya untuk Allah ketika shalat, dari takbir hingga salam. Jangan sampai ingatan-ingatan lain merasuk. Usahakan fikiran selalu ‘bersama’ Allah. Yakini Allah Maha Menyaksikan dirimu. Dia menginginkan dirimu hanya untukNya. Jangan kecewakan Allah karena shalatmu!

khusyu'1

JAUHILAH SEGALA PERKARA HARAM

Allah itu Maha suci, sedang perkara haram itu ibarat sampah busuk. Maka, jauhilah perkara yang haram dan selalulah beristighfar setiap membuat kesalahan. Jauh dirimu dari makanan haram, perbuatan haram, pemandangan haram. Semoga Allah mengampuni saya yang banyak dosa ini.

LATIH DENGAN SHALAT TAHAJJUD

Jika sholat seseorang baik maka, baik pula seluruh ‘amalannya. Maka, baikkanlah shalatmu dengan melatihnya bersama Allah di keheningan malam. Bacalah Al Quran dengan perlahan. Rasakan benar setiap gerakan dan ucapan.

JADIKAN DIRIMU SPECIAL KETIKA BERTEMU DENGANNYA

Gunakanlah pakaian yang baik. Sebaik-baik pakaian adalah pakaian sunnah. Allah tentu lebih tahu bagaimana membalas kebaikan hambanya. Bukankah tampil di depannya dengan keindahan adalah kebaikan? Allah Maha indah, dan mencintai keindahan [2]

Persiapkan diri sebaik-baiknya sebelum menghadapNya. Perhatikan tempat shalat dan waktu shalat. Pergilah ke masjid ketika shalat fardhu.

ANGGAP INI ADALAH SHALATMU YANG TERAKHIR

Kematian adalah rahasia Allah. Setiap bernyawa pasti akan mati. Kita tidak tahu kapan dimana,  mengapanya. Bayangkanlah dalam sholatmu, bahwa setelah shalat ini kau akan mati, dikafani, dimandikan, dishalatkan dan dikuburkan oleh ahli keluarga dan tetanggamu

GUNAKAN SALAH SATU PENDAPAT IMAM MAHZAB

Para Imam Mahzab (rahimahullah) adalah orang-orang yang bersih ilmu agamanya. Gunakanlah salah satu pendapat mereka mengenai tata cara shalat. Berpalinglah dari cara-cara shalat orang-orang jahil. Shalat dengan bermahzab adalah shalatnya para salafusshalih dan Ahlus Sunnah Waljamaah

SELALULAH BERDOA KEPADA ALLAH AGAR DIBERI HAKIKAT SHALAT KHUSYU’

Segala kebaikan adalah milik Allah. Mintalah kebaikan atas shalatmu. Jika seluruh shalat makhluk Allah adalah kebaikan, maka tiadalah bandingannya dengan kebaikan sebutir debu di sisi Allah.

Rasulullah selalu berdoa: Ya Allah, hamba berlindung dari hati yang tidak khusyu’, amalan yang tidak diterima, dan do ‘a yang tidak diijabah.

Saudaraku, kita yang banyak dosa inilah yang sebenarnya lebih pantas berdo’a seperti itu. Bahkan lebih. Maka, mintalah kepada Allah akan memberikan hati yang khusyu’. Jika tidak, apakah engkau merasa lebih mulia dari pada Rasulullah? Na’udzubillah.

Demikianlah. Allah tidak akan merubah dirimu, sebelum engkau merubah komitmen yang ada pada dirimu sendiri. Jika engkau mendatangiNya dengan berjalan, Allah akan mendatangimu dengan berlari. Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang kepada hamba-hambaNya. Wallahu’alam

________________________________________________________________________

[1] Riwayat Imam Bukhari

[2] Riwayat Imam Muslim


Responses

  1. ya allahuakbar…….. atas segala sesuatu,,,,

  2. Assalamualakum..izin copas gambarnya

  3. [...] Cara Mudah Meraih Sholat Khusyu’ November 2008 2 comments 5 [...]

  4. Id Shalat bermahzab tu yang baa Id..??

    • bermahdzab artinya ikut pendapat Imam2 Mahdzab yg diakui kevalidannya dalam ilmu islam, yaitu Imam Syafii, Imam Malik, Imam Ahmad bin Hambal, dan Imam Hanafi. Jika shalat ikut mhdzab berarti sholatnya benar. Indonesia umumnya bermahdzab Imam syafii. Wallahu’am


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.080 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: