Oleh: Azan bin Noordien | Desember 31, 2014

Apa benar Bahasa Arab itu rumit?

5823Menurut banyak penelitian, ternyata Bahasa Arab, Mandarin,  dan Ibrani adalah bahasa-bahasa yang paling sulit dipelajari di dunia, khususnya bagi penutur English. Namun, suatu ketika dilakukan penelitian lain, untuk membuktikan bahasa manakah yang benar menguras otak ketika membaca teks nya?

Diambil sample dari tiga bahasa yaitu Arabic, Mandarin dan Ibrani. Masing-masing teks dibaca oleh setiap native speaker masing-masing bahasa tersebut dengan menggunaka subjek dengan tingkat pendidikan yang setara, serta teks yang diuji menggunakan bahasa baku dan bergramatika.

Hasil yang mengejutkan yakni ketika orang yahudi membaca teks Ibrani otak yang bekerja sangat dominan adalah otak kanan, tampak pada layar monitor reaksi otak. Begitu dengan teks berbahasa Mandarin yang dibaca oleh native speaker Mandarin. Otak kanan mendominasi, itu artinya adalah visualisasi dan pengulangan huruf sudah memungkinkan untuk memahami teks bahasa tersebut. Namun berbeda hasilnya pada native arabic yang membaca teks Arabic. Tampak reaksi dan kolerasi pada kedua otak secara seimbang, yakni otak kanan dan otak kiri.

Subhanallah.. Saya sebagai mahasiswa Prodi Arabic, sedikit memahami bahwa memang dalam belajar Arabic dibutuhkan keseimbangan dalam pemprosesan visual teks (huruf), gramatika (qawaid), dan sastra dalam memahami teks berbahasa Arab. Dan sebetulnya penelitian yang mengatakan bahasa arab itu paling susah di dunia bukan karena arabic itu rumit, tapi Arabic lebih terstruktur dan lebih sistematis dibandingkan bahasa lain di dunia.

Faktor lain yang membuat arabic terlihat susah adalah motivasi untukmempelajarinya yaitu karena jika kita belajar Bahasa arab pasaran/gaul (‘ammah) maka tidak akan selamat dlm memahami al Quran dan Sunnah. Terbukti hanya sedikit dari bangsa arab yang bisa memahami Al Quran, dengan  beralasan bahwa al Quran bahasanya terlalu tinggi. Padahal mereka arab?

Nah, disanalah letak mahalnya Bahasa Arab Formal atau Bahasa Arab Al Quran. Allah tidak mungkin menyusahkan hambaNya, karena tidak mgkin al Quran diturunkan dengan bahasa yang rumit dan menyulitkan, bahkan Allah bermaksud memudahkan dan menjelaskan sejelas-jelasnya kepada manusia agar dipahami. Allah ta’la berfirman:

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya (Yusuf:2)

Dan disitulah letak adilnya Allah kepada manusia. Orang arab atau bukan arab, jika ingin memahami al Quran, maka tetap diharuskan belajar terlebih dahulu, mulai dari belajar Gramatika dasar (nahwu Shorof), Ta’bir Lughoh, hingga sastra Arab (Ilmu Balaghah). Faktanya malah di kalangan ulama nahwu, bangsa non arab mengungguli ulama Arab sendiri!

Jadi kenapa Arabic itu mudah, kuncinya adalah sungguh-sungguh niat karena Allah mendalami firmanNya dan niat meninggikan sunnah nabiNya yang mmg dibangun dengan Bahasa Arab.

Oleh: Azan bin Noordien/Mahasiswa LIPIA Jakarta

Jakarta, 31 Desember 2014


Responses

  1. jadi semangat baca tulisan akhi, secara saya baru 2 minggu ikut les arabic. Semoga saya dan teman teman sekelas dan semua yg sedang belajar bahasa penghuni surga ini diberi kemudahan untuk mempelajari, menguasai dan menerapkannya kelak. aamiin yaa Rabbalalamin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: