Oleh: Azan bin Noordien | November 3, 2013

Perbedaan Malaikat, Iblis, dan Manusia

الحمدلله رب العالمين و الصلاة والسلام على سيدنا و حبيبنا محمد و على آله و صحبه و من تابعهم بإحسان إلى يوم الدين

Sebelum manusia diciptakan Allah, malaikat mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap manusia yang akan berbuat kerusakan di bumi. Karena iradah ALLAh berlaku maka akhirnya terciptalah manusia pertama yaitu nabi Adam Alaihissalaam. Ketika para malaikat dan iblis diperintahkan ALLAH untuk bersujud  kepada Nabi Adam, tampak jelas ideology yang dibawa oleh kedua kubu ini. Lalu apakah perbedaan iblis dengan malaikat, serta manusia?shalat-malam

Iblis melihat sebuah perintah secara tekstual, sedangkan malaikat menaati perintah karena melihat Siapa yang Memerintah, yaitu ALLAH. Iblis memiliki sifat sombong yang ditutupi dgn alasan-alasan teologis, karena iblis merasa tidak perlu bersujud ke selain ALLAH. Sedangkan malaikat taat dan bersujud kpd Adam karena melihat ini perintah dari ALLAH sendiri, mereka bersujud kpd Adam bukan bermaksud menyembah selain kpd ALLAH tapi murni karena menaati perintah ALLAH. Bahkan iblis berkata: saya lebih baik daripada dia (Adam), saya diciptakan dari nyala api sedang dia dari tanah.

Perbedaan mendasar antara malaikat dan iblis adalah dari sifat mereka. Sifat Iblis yaitu sombong, merasa paling benar, berhujjah dgn dalil-dalil yg terlihat logis namun ternyata sumber kesalahan terbesar, memahami agama secara tekstual (nash). Sedangkan sifat malaikat yaitu taat dan patuh kpd apapun perintah ALLAH, tidak suka berbantah-bantah, bermusyawarah dan taat kpd hasil musyawarah, mencintai siapapun yg dicintai ALLAH ta’ala. Sebenarnya manusia diciptakan sebagai makhluk ter unggul di antara ciptaan Allah. Namun terkadang tersusupi oleh sifat iblis dan terkadang manusia bisa taat melebihi malaikat. Manusia mudah untuk berdosa namun memiliki akal/pengetahuan untuk berfikir.

wallahu a’lam

Bogor, 3 November 2013

صلى الله على سيدنا محمد و آله وسلم


Responses

  1. 7 casper wajib baca blog ini

    • Putri

  2. Terima kasih gan atas infonya. info ini menjadi pengetahuanku yang baru.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: