Oleh: Azan bin Noordien | Oktober 8, 2009

Tips menghadapi masalah

opt1229133232l

Masalah pasti tidak akan pernah bosan menghampiri  kita. Terkadang dalam menghadapinya kita bisa tegar, namun lebih sering kita menjadi tidak sabar dan tidak ikhlas dalam menghadapi cobaan yang datang. Hasilnya, kita merasa menjadi orang yang paling nespata di seluruh dunia. Padahal, yang menjadi permasalahan sebenarnya ialah bagaimana sikap kita ketika menhadapi masalah-masalah hidup tersebut.  Mutlak sudah, bahwa memahami rahasia di setiap masalah adalah kunci emasnya! Saya sebenarnya belum pantas memberikan tips-tips bagaimana caranya supaya bisa sabar (karena diri saya juga nggak sabaran.. :D ). Tapi, insya Allah uraian berikut tidak ada salahnya untuk dijadikan bahan renungan. 

***

Pertama, penyebab kita gak bisa sabar dalam menghadapi musibah atau misalnya kehilangan, KARENA, kita selalu merasa semua yang kita miliki adalah bener-bener milik kita. Tapi kalo kita sedikit MAU merenung, ternyata semuanya adalah milik Allah. Kita bisa segede ini sekarang juga karena pemeliharaan Allah. Jadi, suka-suka Allah mau ngelakuin apa aja ke diri kita. Namanya manusia hidup, PASTI diuji. Allah berfirman dalam Al Quran:

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta..” (Al Ankabut 29:2-3)

Semua ujian itu datang dari Allah, bisa berupa kesenangan atau kesulitan. Tapi, yakinlah apa pun yang Allah takdirkan buat kita adalah yang terbaik buat kita juga. Menurut pakar psikologi anak, M. Faudhil Adzim, disebuntukan bahwa: Cukuplah dikatakan kejam bagi orang tua yang selalu memanjakan anaknya. Semua keperluan anaknya disediakan dan diberi segala yang mewah-mewah. Anak itu tidak dibiarkan sedikit pun diberi kesempatan untuk mengusahakan apa yang ia inginkan.

Lalu apa yang terjadi kemudian pada anak itu? Ketika anak itu menjadi besar, di kehidupannya ia menjadi seorang yang egois, tidak kreatif, dan tidak berkompeten dalam bidang apapun kecuali kemalasan. Apakah ini yang dihendaki oleh orang tuanya dulu? Tentu bukan! Orang tua yang baik bukan orang tua yang menfasilitasi anaknya dengan kemewahan, tetapi orang tua yang baik itu adalah orang tua yang memberikan kesempatan anaknya untuk berusaha, serta membimbing setiap langkahnya. Menyemangati dan mendukung penuh hal-hal baik yang dilakukan anaknya.

Begitu pula Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Cobaan yang diberikan kepada hambanya jangan sampai kita pandang sebagai siksaan, tapi pandanglah sebagai sarana untuk memperkuat diri. Dan di dalam 2:286 Allah berfirman artinya : ”Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya”. Allah berjanji tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan kita. Janji Allah jauh lebih pasti daripada terbitnya matahari esok pagi.

Kedua, setiap ujian dari Allah adalah kebaikan dan hikmah besar buat diri kita. Tidak semua yang menurut kita baik adalah benar-benar baik diri buat kita. Kenapa? karena Allah-lah yang paling mengerti diri kita, Dia-lah yang menciptakan dan memelihara kita sehingga Allah-lah yang paling paham apa-apa yang kita butuhkan. Sedangkan kita,mungkin hanya sedikit yang kita ketahui dari diri kita.

Misalnya, ada seorang anak usia TK minta dibelikan motor  kepada ayahnya. Tentu sang ayah tidak akan mengabulkan permintaan si anak, walau anak itu nya menangis seharian tetap si ayah gak akan menuruti permintaan anaknya yang masih kecil itu. Bukannya ayahnya ini pelit, tapi ayahnya yakin bahwa anaknya belum bisa untuk mengendarai motor berat. Ayah nya khawatir kalau-kalau anaknya nanti malah kecelakaan. Tapi, dalam hati sang ayah pasti berjanji akan membelikan anaknya itu motor yang lebih bagus dari yang diminta anaknya di saat anaknya telah masuk kuliah.Begitu pula, Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, tidak mungkin mengorbankan hambanya, untuk hal-hal yang dipandang baik dalam kacamata sang hamba. Allah berfirman artinya:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui..” (Al Baqarah 2:216)

Penutup

“Carilah pertolongan (Allah) dengan sabar dan shalat, sesungguhnya yang demikian itu berat kecuali bagi mereka yang khusyu’”… Wahai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya orang bersama orang-orang yang sabar..” (Al Baqarah:45)



Responses

  1. Di balik suatu musibah pasti akan ada hikmahnya, :-)

    • ya wes semoga jah :)

  2. Allah maha tau apa yang terbaik bagi hambanya.
    Terima kasih atas artikelnya semakin menguatkan keimanan kami sekeluarga.

  3. makasih ya..

  4. insyaallah,,,sy akn iklas terhadap semua yg di gariskan allah kepada sy,,,krn skrng sy yakin,,allah itu maha perencana yg hebat..!!!
    I LOVE Allah

  5. [...] Tips menghadapi masalah October 2009 4 comments 4 [...]

  6. ok lah klo bgono,.
    kren2,.ha ha ha

  7. I LIKE IT

  8. iya sih, tp nyatanya gw blum bsa

  9. ikhlas sajalah….

  10. aq minta do’nya agar masalah ku di sekolah bisa ter.atasi dan tidak membuat hati ibuku menjadi sakit /……. AMIN YA ALLAH BERIKAN LAH PETUNJUKMU KEPADAKU AGAR AQ VISA MENGATASI MAALAH INI ……..AMIN

  11. Ya Allah bimbinglah kami selalu jauhkan dari rasa penyesalan Engkaulah perencana yang hebat luar biasa tetapkan hati kami dengan sabar dan tawakal lindungilah kami ya Rabb

  12. MasyaAllah, La Quwwata illah Billah…tak ada satu ciptaanNya yang mampu mengubah keinginannya…Hanya Allah yang berkuasa atas semua kehendakNya..berserah diri dengan menghinakan diri kita di hadapan Allah …jika konsentrasi adakalanya hati kita mampu pasrah…biarkan air mata berderai………menyerahkan masalah pada Allah….amin

  13. Makasih atas solusinya and terima kasih juga atas inspirasinya semoga dengan tips ini saya lebih bisa mencerna masalah dalam hidup saya

  14. dengan cata2n di ats bisa mengurangi kekalutan d hati

  15. aminnn , semoga dengan gua baca ini gua bisa solat menghadap allah dan berdoa supaya di beri kesabaran ..

    amiin ya rabb ..

  16. sy ykin allah 5ha penyyng, smga allah mmbukakn hti org2 yg tlh mndzlimi,benci,kpd sy amin.

  17. amin,, sm0ga dgn membca ni aku bs lbh tau arti dr sebuah MASALAH & cra mengatasi.x,, :)

  18. ya qw tau aminn

  19. qw uga lagi banyak masalah tapi qw slalu move on

  20. jre SphA…………………..?????????!!!!

  21. trmksh atas artikelx, alhmdllh sdkitx sya ada gairah untuk memperbaiki hidup di hari esok. ” allah tau, sdangkan kta tdak tau, ada hidayah dibalik ujian.”, sgala sesuatu akan kembali kpada allah. amien. . .

  22. ya allah, ampunilah dosaku dgan asbab dari ksabaranku menerimu musibah yg engkau berikan. smga dgan musibah ini aku akan tambah dekat kepadamu.

  23. ya allah, ampunilah dosaku dgan asbab dari ksabaranku menerima musibah yg engkau berikan. smga dgan musibah ini aku akan tambah dekat kepadamu.

  24. trimakasih atas artikelx, hatiqu lega saat m’mbacax

    thanks 4 all.

  25. Trmaksih atas tips ini… Smga allah swt membalas sgla kebaikan yg telah dikerjakan,,, amien

  26. sip bangat dah….tapi tolong dibagusi tu arti dari firman allah yang terahir karna salah kata…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.079 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: