Oleh: Azan bin Noordien | September 5, 2009

Islam moderat itu bagaimana?

which-way

Akhir-akhir ini saya banyak mendengar istilah ‘islam moderat’. Awalnya saya kurang begitu paham dengan apa yang dimaksudkan oleh segelintir orang yang mengaku sebagai muslim yang moderat,atau mengambil paham islam yang moderat.

Setelah ditelusuri betul, ternyata pengertian islam secara moderat yang ditampilkan adalah islam yang ‘diringan-ringankan’ kalau menurut saya. Ringan dalam artian dalamberbagai hal. Mulai dari cara berpenampilan, tata cara ibadah/ fiqh mualamalah.

Memahami bahasa dengan bahasa terkadang perlu sedikit pendalaman. Jikalau tidak hati-hati dalam memahami bahasa Quran dan hadits, tentu pemahaman islam kita akan rancu.

Moderat dalam bahasa indonesia berarti pertengahan atau mudah diterima di semua kalangan. Kata moderat yang dimaksud dalam istilah ini di-claim sebagai penafsiran dari kata ‘al washotiyah’.Kata ini terdapat dalam hadits yang mengatakan bahwa islam itu adalah al washatiyah atau islam itu adalah pertengahan. Namun,ternyata makna pertengahan antara kedua bahasa ini sebenarnya sangat berbeda. Tidak seperti yang dimaknai secara biasa,yaitu pertengahan.

Memaknai kata pertengan dari kata moderat dan makna kata pertengahan dari bahasa agama sangatlah berbeda. Al Washotyah atau petengahan dalam bahasa agama berarti mengambil jalan tengah yaitu mempertimbangkan segala sesuatunya tanpa ada kehendak mengikuti hawa nafsu disana. Jadi,islam adalah agama pertengahan yaitu agama yang terbebas daripada mengikuti kehendak hawa nafsu lawwamah, tetapi islam adalah agama yang dituntun oleh ketentuan Allah dan Rasul-Nya.

Salah satu contoh pandangan islam moderat ialah dalam hal berpakaian. Ada pendapat yang mengatakan bahwa pakaian muslim itu adalah baju koko, songkok, bahkan jas,kemeja, celana bahan, atau sekedar berpakaian rapi dan sopan saja. Ini adalah pendapat islam moderat. Padahal seperti yang disepakati jumhur ulama -yang telah dicontohkan langsung oleh para salafussalih, pakaian muslim itu adalah pakaian sunnah yakni contohnya: gamis, jubah, peci, sorban, ridah, serta dominan berwarna putih.

Begitu juga dengan pakaian muslimah. Pendapat sebagian besar ulama mewajibkan muslimah agar menutup seluruh tubuhnya, sehingga cadar dan niqab menjadi wajib. Ini adalah pendapat yang paling hati-hati. Dengan begini, tidak akan ada lagi fitnah kaum perempuan bagi laki-laki karena para muslimah sudah tidak lagi memperlihat kecantikan wajahnya. Karena wajah adalah inti kecantikan seorang wanita.

Sebenarnya, masih banyak lagi pendapat yang ‘nyeleneh’ islam moderat terkait dengan berbagai hal. Jikau tidak berhati-hati betul, seseorang yang mengaku-ngaku muslim moderat bisa terjatuh kepada talfiq dan berbuat fasik. Semoga islam benar-benar menuntun kehiduapan kita, yang bersifat jauh daripada mengikuti hawa nafsu belaka. Wallahu a’lam

About these ads

Responses

  1. setuju banget.. tak ada yg namanya islam moderat…
    itulah jadinya jika orng2 memahami islam menurut hawa nafsunya…

  2. Bingung saya…….yang saya tau Islam itu Agama yang Sempurna he he he he….

    • kalau mnurut saya ,,,islam yang moderat adalah islam yang baik………. yang brada d tengah2,,,, tidak terlalu menekan dan tdak gampang2 bgt,,,,,,,,,,,, dan memudahkan umat islam,,,,,

  3. [...] menuntun kehiduapan kita, yang bersifat jauh daripada mengikuti hawa nafsu belaka. Wallahu a’lam. klik 4 share disLike this:SukaBe the first to like this [...]

  4. Menurut saya, islam moderat adalah Islam yg Menerima perkembangan atau situasi tetapi masih berpegangan pada Syariat Agama (Islam)

    • Sependapat Bro.
      Yang pernah saya baca : Fundamentalis —— Moderat —— Liberal
      jadi yang ditengah itu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.080 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: