Oleh: Azan bin Noordien | Maret 25, 2008

Rahasia Besar Shalat Tahajjud

Sholat Tahajjud ternyata tak hanya membuat seseorang yang melakukannya mendapatkan tempat (maqam) terpuji di sisi Allah (Qs Al-Isra:79) tapi juga sangat penting bagi dunia kedokteran. Menurut hasil penelitian Mohammad Sholeh, dosen IAIN Surabaya, salah satu shalat sunah itu bisa membebaskan seseorang dari serangan infeksi dan penyakit kanker.

Tidak percaya?

“Cobalah Anda rajin-rajin sholat tahajjud. Jika anda melakukannya secara rutin, benar, khusuk, dan ikhlas, anda akan terbebas dari infeksi dan kanker.” Ucap Sholeh. Ayah dua anak itu bukan ‘tukang obat’ jalanan. Dia melontarkan pernyataanya itu dalam desertasinya yang berjudul ‘Pengaruh Sholat tahajjud terhadap peningkatan Perubahan Response ketahanan Tubuh Imonologik: Suatu Pendekatan Psiko-neuroimunologi”

Dengan desertasi itu, Sholeh berhasil meraih gelar doktor dalam bidang ilmu kedokteran pada Program Pasca Sarjana Universitas Surabaya, yang dipertahankannya Selasa pekan lalu. Selama ini, menurut Sholeh, tahajjud dinilai hanya merupakan ibadah shalat tambahan atau sholat sunah.

Padahal jika dilakukan secara kontinu, tepat gerakannya, khusuk dan ikhlas, secara medis sholat itu menumbuhkan respons ketahanan tubuh (imonologi) khususnya pada imonoglobin M, G, A dan limfosit-nya yang berupa persepsi dan motivasi positif, serta dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi (coping).

Sholat tahajjud yang dimaksudkan Sholeh bukan sekedar menggugurkan status sholat yang muakkadah (sunah mendekati wajib). Ia menitikberatkan pada sisi rutinitas sholat, ketepatan gerakan, kekhusukan, dan keikhlasan.

Selama ini, kata dia, ulama melihat masalah ikhlas ini sebagai persoalan mental psikis. Namun sebetulnya soal ini dapat dibuktikan dengan teknologi kedokteran. Ikhlas yang selama ini dipandang sebagai misteri, dapat dibuktikan secara kuantitatif melalui sekresi hormon kortisol.

Parameternya, lanjut Sholeh, bisa diukur dengan kondisi tubuh. Pada kondisi normal, jumlah hormon kortisol pada pagi hari normalnya antara 38-690 nmol/liter. Sedang pada malam hari-atau setelah pukul 24:00 normalnya antara 69-345 nmol/liter. “Kalau jumlah hormon kortisolnya normal, bisa diindikasikan orang itu tidak ikhlas karena tertekan.

Begitu sebaliknya. Ujarnya seraya menegaskan temuannya ini yang membantah paradigma lama yang menganggap ajaran agama Islam semata-mata dogma atau doktrin.

Sholeh mendasarkan temuannya itu melalui satu penelitian terhadap 41 responden sissa SMU Luqman Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah, Surabaya. Dari 41 siswa itu, hanya 23 yang sanggup bertahan menjalankan sholat tahajjud selama sebulan penuh. Setelah diuji lagi, tinggal 19 siswa yang bertahan sholat tahjjud selama dua bulan. Sholat dimulai pukul 02-00-3:30 sebanyak 11* rakaat, masing masing dua rakaat empat kali salam plus tiga rakaat. Selanjutnya, hormon kortisol mereka diukur di tiga laboratorium di Surabaya (paramita, Prodia dan Klinika).

Hasilnya, ditemukan bahwa kondisi tubuh seseorang yang rajin bertahajjud secara ikhlas berbeda jauh dengan orang yang tidak melakukan tahajjud. Mereka yang rajin dan ikhlas bertahajud memiliki ketahanan tubuh dan kemampuan individual untuk menaggulangi masalah-masalah yang dihadapi dengan stabil. Jadi, sholat tahajjud selain bernilai ibadah, juga sekaligus sarat dengan muatan psikologis yang dapat mempengaruhi kontrol kognisi.

Dengan cara memperbaiki persepsi dan motivasi positif dan coping yang efektif, emosi yang positif dapat menghindarkan seseorang dari stress. Nah, menurut Sholeh, orang stress itu biasanya rentan sekali terhadap penyakit kanker dan infeksi. Dengan sholat tahajjud yang dilakukan secara rutin dan disertai perasaan ikhlas serta tidak terpaksa, seseorang akan memiliki respons imun yang baik, yang kemungkinan besar akan terhindar dari penyakit infeksi dan kanker. Dan, berdasarkan hitungan tekhnik medis menunjukan, sholat tahajjud yang dilakukan seperti itu membuat orang mempunyai ketahanan tubuh yang baik.

Sebuah bukti bahwa keterbatasan otak manusia tidak mampu mengetahui semua rahasia atas rahmat, nikmat, anugrah yang diberikan oleh Allah kepadanya. Haruskah kita menunggu untuk bisa masuk ke akal kita???

Seorang Doktor di Amerika telah memeluk Islam karena beberapa keajaiban yang di temuinya di dalam penyelidikannya. Ia amat kagum dengan penemuan tersebut sehingga tidak dapat diterima oleh akal fikiran. Dia adalah seorang Doktor Neurologi. Setelah memeluk Islam dia amat yakin pengobatan secara Islam dan oleh sebab itu ia telah membuka sebuah klinik yang bernama “Pengobatan Melalui Al Qur’an” Kajian pengobatan melalui Al-Quran menggunakan obat-obatan yang digunakan seperti yang terdapat didalam Al-Quran.

Di antara berpuasa, madu, biji hitam (Jadam) dan sebagainya. Ketika ditanya bagaimana dia tertarik untuk memeluk Islam maka Doktor tersebut memberitahu bahwa sewaktu kajian saraf yang dilakukan, terdapat beberapa urat saraf di dalam otak manusia ini tidak dimasuki oleh darah. Padahal setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara yang lebih normal. Setelah membuat kajian yang memakan waktu akhirnya dia menemukan bahwa darah tidak akan memasuki urat saraf di dalam otak tersebut melainkan ketika seseorang tersebut bersembahyang yaitu ketika sujud. Urat tersebut memerlukan darah untuk eberapa saat tertentu saja. Ini artinya darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikut kadar sembahyang 5 waktu yang di wajibkan oleh Islam. Begitulah keagungan ciptaan Allah. Jadi barang siapa yang tidak menunaikan sembahyang maka otak tidak dapat menerima darah yang secukupnya untuk berfungsi secara normal. Oleh karena itu kejadian manusia ini sebenarnya adalah untuk menganut agama Islam “sepenuhnya” karena sifat fitrah kejadiannya memang telah dikaitkan oleh Allah dengan agamanya yang indah ini.

Kesimpulannya : Makhluk Allah yang bergelar manusia yang tidak bersembahyang apalagi bukan yang beragama Islam walaupun akal mereka berfungsi secara normal tetapi sebenarnya di dalam sesuatu keadaan mereka akan hilang pertimbangan di dalam membuat keputusan secara normal. Justru itu tidak heranlah manusia ini kadang-kadang tidak segan-segan untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan fitrah kejadiannya walaupun akal mereka mengetahui perkara yang akan dilakukan tersebut adalah tidak sesuai dengan kehendak mereka karena otak tidak bisa untuk mempertimbangkan secara lebih normal. Maka tidak heranlah timbul bermacam-macam gejala-gejala sosial Masyarakat saat ini.


Responses

  1. ini sebuah keajiaban luar biasa menurut saya shalat tahajju d hanya bisa menyembuhkan phisis seseorang tetapi juga bisa menyembuhkan penyakit kanker sungguh sangat menakjubbkan

  2. Jadi mulai pingin rajin-rajin sholat tahajud neh…, kira-kira bisa bisa engga ya ?

  3. Allah Maha Tahu apa yang terbaik bagi manusia. Setiap amalan PASTI ada kejayaan yang besar, baik amalan wajib maupun sunnah.

    Tapi, ketika akan beribadah hendaknya luruskan niat kembali. Niatkan hanya untuk meraih ridho-Nya. Kalaupun ada kebaikan2, itu hanya sedikit bonus dari Allah.Masih banyak rahasia yang belum terungkap oleh akal manusia.

    Wallahua’lam. Wassalam

  4. tahajud sudah terbukti ampuh dengan hasil penelitan ilmiah secara kedokteran. Jika belum yakin baca resensinya di http://resensybuku.blogspot.com

  5. semua itu adalah (ayat ALLAH) TANDA2 KEAGUNGAN ALLAH terima kasih. saya mendapat banyak ilmu dari sini.

  6. anakku sulit sekali menerima pelajaran, tolong aku, segala cara sudah kucoba, rasanya ingin menangis, lihat anakku seperti itu. mungkinkah ada do’a atau amalan yang bisa kugunakan untuk membantu anakku ??

  7. salat tahajud merupakan salah satu cara berkomunikasi bahkan bertemu langsung dengan Allah,disaat malam tiba Allah mengamati umat manusia,apa mereka mengutamakan nafsu atau mungkin mengutamakan iman dan taqwanya pada-Nya.nah oleh karena itu doa orang-orang yang rutin bertahajud akan sangat dikabulkan oleh allah.Insya Allah…

  8. saya ingin menanyakan.
    bacaan dzikir yang kita dzikirkan setelah solat tahajud

  9. Adapun amalan khusus setelah shalat tahajjud, seperti tercantum dalam al quran, kita disunnahkan memperbanyak istighfar, baik sayyidul istighfar atau kalimat istighfar biasa. Intinya kita betul-betul bertobat menyadari kesalahan kita dan bertekat tidak mengulangi dan minta inayah dari Allah.

    Ada jug amalan-amalan daripada ulama kita yg shalih, seperti membaca zikir imam ghazali dll. wallahua’lam

  10. mnrt sya shalat tahajjud dpt mmchkn mslh kt!!!
    insya allah kt mndpt jln klwr na…..
    mgkn dlm mimpi taw dgn cra allah mmbka hti org yg brmslh dgn kt…..

    amin…………

    I LOVE ALLAH
    I LOVE MUHAMMAD saw
    I LOVE MOSLEM

  11. sungguh benar,aku telah merasakannya,tapi sulit untuk tuma’ninah,semoga ALLAH SWT menolongku amien

  12. memeng benar aku sendiri telah membuktikan ,aku di vonis dokter kena penyakit maag yang sangat kronis boleh di kata susah sembuhnya tapi apa aku rajin sholat malam alhamdulilah sekarang sudah mendingan bahkan boleh di kata sembuh itu berkat allah, maka segala seseuatu harus yakin dan percaya akan kekuasaan allah ,,

  13. Subhanallah…godaan syetan begitu kuat untuk bangun malam….

    • memang godaan untuk bangun malam sangat kuat tapi kita harus memaksa diri kita untuk bangun dan ambil air wudhu sehingga akan terjadi rutinitas dan akhirnya kita menjalankan sholat tahajut dengan ikhlas tanpa paksaan amin

  14. [...] Rahasia Besar Shalat Tahajjud March 2008 13 comments and 1 Like on WordPress.com, 3 [...]

  15. Bismillah….
    terimakasih info na. sungguh bnyak mnfaat yg kta dapatkan dg mlksnakan sholat sunnah tahajjud secara rutin

  16. memang sholat tahajut sangat penting saya sudah pernah merasakan nikmatnya sholat tahajut diantaranya pikiran tenang hati senang tapi yang namanya manusia tingkat keimanan naik turun kalo bisa ya meningkat.semoga dengan artikel tentang sholat tahajut berguna bagi umat islam di indonesia khususnya dan didunia pada umumnya

  17. Shalat tahajjud itu emang sangat berat, makanya orang yang berhasil melaksanakannya mendapat banyak sekali keutamaan yang salah satunya adalah diberi kemudahan dalam menjalani hidup. Untuk bangun malam jika diniatkan dan minta dibangunkan oleh Allah, insya Allah akan bangun sesuai dengan waktu yang diminta dengan terlebih dahulu memohon ampun dan minta perlindungan dari godaan syetan yang selalu menghalangi kebaikan2.

  18. tempat mencurahkan hati,tempat kita mengadu,alloh begitu dekat dihati kita,hanya kepadanya kita berserah diri,

  19. Ane jadi Ingin bisa melakukan tiap malam

  20. Subhanallah…Maha Suci Allah yang tidak memerintah sesuatu apapun kecuai itu bermanfaat bagi umat Manusia… ALLAHUAKBAR.

  21. Subhanallah, klo kita sudah niatkan ntar mau bangun buat sholat tahajud, Insya Allah Malaikat akan membangunkan kita pada waktu-waktu dimana kita inginkan untuk bangun menjalankan sholat tahajud, ………

  22. subhanallah:) sangat bermanfaat…terimakasih banyak atas infonya:)

  23. dry cni akk dpet bnyag pljaran tntang khidupan di luar cna yg gk pnah akk kthui,, dan knie akk mngerti

  24. Subhanallah, dasyatnya sholat tahajud pasti membawa berkah bagi yang melaksanakannya. Allah memberikan salah satu password di dunia bagi kita yang mengharapkan syurga Allah. milikilah password itu dengan rajin dan rutin menjalankan sholat tahajud.

  25. Smoga kita bisa istiqomah mengamalkannya


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.080 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: